Followers

There was an error in this gadget

Wednesday, April 27, 2011

Tip-tip untuk Memperdalam Hubungan Anda dengan Al-Qur’an

Apakah anda salah satu dari orang-orang yang jarang sekali memegang Al-Qur'an? Atau apakah anda membacanya setiap hari, tetapi tidak berpengaruh bagi anda seperti selayaknya? Apa pun masalah yang mungkin terjadi, berikut beberapa tip mudah yang akan membantu anda untuk berhubungan dengan Al-Qur'an:

1. Sebelum menyentuhnya, periksalah hati anda

Kunci agar benar-benar mendapatkan keuntungan dari Al-Qur'an adalah periksalah hati anda terlebih dahulu, sebelum anda menyentuh Al-Qur'an. Tanyakan sejujurnya pada diri anda, mengapa anda membacanya. Apakah hanya sekedar untuk mendapatkan informasi dan kemudian meninggalkannya dari diri anda begitu saja sesudahnya? Ingatlah bahwa Nabi Muhammad (Kedamaian dan anugerah selalu tercurah pada beliau) yang dijelaskan oleh istri beliau sebagai "Al-Qur'an berjalan". Dengan kata lain, Beliau tidak hanya membaca dan memperindah bacaan Al-Qur'an, tetapi Beliau hidup di dalamnya.

2. Berwudhu

Berwudhu adalah persiapan bagi fisik dan mental yang baik untuk mengingatkan anda bahwa anda tidak hanya sekedar membaca buku seperti membaca buku lainnya. Lebih kepada anda hendak berinteraksi dengan Tuhan, sehingga menjadi bersih harus diprioritaskan saat berkomunikasi dengan-Nya.

3. Baca hanya 5 menit setiap harinya

Terlalu sering kita berpikir bahwa kita harus membaca Al- Qur'an setidaknya 1 jam penuh. Jika bukan merupakan kebiasaan anda untuk membacanya setiap hari, maka hal tersebut akan sangat sulit. Mulailah terlebih dahulu dengan hanya 5 menit setiap hari. Jika kalian melakukan langkah pertama, Insha Allah (dengan seijin Allah), anda akan merasakan bahwa 5 menit tersebut akam menjadi 10 menit, kemudian menjadi setengah jam, kemudian 1 jam, dan bahkan mungkin lebih!

4. Pastikan bahwa kamu memahami apa yang kamu baca

5 menit dalam membaca Al-Qur'an dalam bahasa Arab adalah baik, tetapi anda perlu memahami apa yang anda baca tersebut. Pastikan bahwa anda memiliki terjemahan Al-Qur'an yang baik dalam bahasa yang anda sangat pahami. Selalu berusaha untuk membaca terjemahan apa yang anda baca setiap harinya tersebut.

5. Ingat, Al-Qur'an adalah lebih interaktif dibanding sebuah CD.

Di dalam sebuah CD Rom interaktif dan program komputer, beberapa orang berpikir bahwa buku-buku adalah lebih pasif dan membosankan. Tetapi tidak halnya demikian dengan Al-Qur'an. Ingatlah saat anda membaca Al-Qur'an, anda sedang berinteraksi dengan Allah. Allah sedang berbicara dengan anda, maka simaklah.

6. Jangan hanya membaca, tetapi dengarkan juga

Saat ini banyak sekali terdapat kaset-kaset audio dan CD Al-Qur'an, beberapa diantaranya bahkan dengan terjemahan yang sangat baik. Kaset dan CD ini sangat baik dimasukkan di dalam walkman atau pun CD atau stereo mobil anda sepanjang mengemudi ke dan dan dari kantor. Gunakan ini sebagai tambahan untuk bacaan Al-Qur'an anda tiap hari, bukan sebagai pengganti.

7. Berdoalah

Mintalah kepada Allah untuk menuntun anda ketika membaca Al-Qur'an. Tujuan anda adalah khususnya untuk mencintai Allah, berinteraksi dengan-Nya dengan membaca, memahami dan mengaplikasikan Firman-Firman-Nya. Berdoalah kepada Allah untuk pertolongan dan tuntunan-Nya, dan menjadikannya alat terbaik dalam melakukan (membaca)nya.

1 comment:

Unknown said...

mintak izin share :)

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...