Followers

There was an error in this gadget

Wednesday, June 15, 2011

SubhanaAllah..Rumah Allah Di Lokasi Menakjubkan

Masjid - adalah Rumah Allah. Di mana ada umat Islam sepastinya di situ terdirinya masjid.

Beratus-ratus malah beribu-ribu masjid kita temui, namun terdapat masjid-masjid yang letaknya di lokasi yang menakjubkan. Ia menandakan bahawa sepastinya di situ adanya umat Islam yang menunaikan ibadahnya kepada Allah.

Di entri kali ini GB paparkan beberapa masjid yang terletak di lokasi-lokasi yang menakjubkan di seluruh dunia. Sama-sama kita saksi dan hayatinya. Dan bila berkesempatan nanti, mana tahu jika Allah izinkan tuan-tuan ke sana... carilah masjid-masjid itu.


-Kutub Utara (Arctic)

Bagaimana rasanya hidup di Kutub Utara dalam kondisi cuaca yang berubah-ubah kerana Global Warming atau Pemanasan Global yang terjadi saat ini?



Ajukan pertanyaan tersebut pada Mukum Sidikov, pengurus satu-satunya masjid di Kutub Utara. Saat ini, jumlah Muslim di Norilsk yang merupakan Kota paling utara di permukaan bumi, menurut Mukum Sidikov tidak kurang dari 50.000 jiwa dari 210.000 jumlah populasi yang ada di sana. Tapi sejak beberapa waktu lalu, keinginan penduduk Muslim untuk datang ke Norilsk menurun, tidak seperti beberapa waktu sebelumnya.

Salah satu penyebabnya adalah, cuaca yang sangat buruk juga sangat mempengaruhi minat ke wilayah yang masuk bagian kutub utara ini. Akibatnya, populasi di Norilsk semakin menurun. Tidak saja kaum Muslim, tapi juga kaum lain. Bayangkan saja, cuaca di Norilsk bisa sangat dingin, sampai 50 derajat Celcius di bawah nol.




-Kutub Selatan (Antartica)

Tempat terdingin di muka bumi ini sebahagian besar tertutup es sepanjang tahun. Dengan luas 13.200.000 km², Antarktika adalah benua terluas kelima setelah Eurasia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan namun populasinya terkecil jauh di bawah yang lain. Antarktika adalah tempat terdingin di Bumi dengan suhu mencapai -85 dan -90 derajat Celsius di musim dingin dan 30 derajat lebih tinggi di musim panas.



Diperkirakan terdapat sekitar 1.000 orang tinggal di Antarktika dalam satu waktu namun bergantung juga terhadap musim. Orang yang tinggal di Antarktika biasanya menggunakan zon waktu negara asalnya. Ditempat seperti ini apakah ada rumah Allah? Jawabannya ada,satu satunya Islamic Centre yang bernama Muslim Eskimos Community Center, terletak di 3 Amundsen Scott Station South Pole, South Pole – Amundsen-Scott Station South Pole, Antartica. Selain digunakan untuk beribadah, Islamic Centre ini juga digunakan untuk membantu orang yang ingin mengetahui tentang Islam.

-Alaska

Alaska adalah salah satu negara bahagian Amerika Syarikat. Menurut luas wilayah, Alaska adalah negara bahagian AS yang terbesar, dan terkaya sumber alamnya. Alaska tidak tersambung dengan wilayah AS Daratan sehingga ia merupakan sebuah eksklave. Mungkin kerana letaknya yang jauh, dan terbatasnya prasarana perhubungan, biaya hidup masyarakat Alaska (khususnya harga bahan-bahan keperluan pokok) adalah yang tertinggi di Amerika.



Muslim di Alaska berjumlah sekitar 2000 sampai 3000 dan dalam waktu tidak lama lagi di Alaska akan dibangunkan sebuah Masjid pertama di Anchorage, Alaska. Selama ini umat muslim di Alaska beribadah di sebuah Mushola kecil di Anchorage.



-Gibraltar



Gibraltar adalah sebuah wilayah luar negeri Britania Raya. Ia terletak di bahagian barat daya Eropah, tepatnya di bahagian selatan pesisir Sepanyol, suatu lokasi strategis di Selat Gibraltar yang menghubungkan Samudra Atlantik Utara dan Laut Mediterania. Disamping pesona keindahan yang bisa kita lihat di Gibraltar,terdapat sebuah Masjid yang juga indah di tempat ini yang bernama Ibrahim-al-Ibrahim Mosque. Terdapat sekitar 2000 penduduk muslim di gibraltar,dan Masjid ini menjadi tempat bagi kaum muslim untuk beribadah dan melaksanakan kegiatan agamanya.



-Tromso (Arctic Circle)

Kota Tromsø merupakan kota terbesar di wilayah paling utara Norwegia. Kota ini terkenal sebagai salah satu kota pariwisata di Norwegia kerana mempunyai beberapa daya tarik tersendiri untuk dikunjungi, khususnya kerana letak geografisnya yang berada di Arctic Circle atau sekitar 2000 km dari kutub utara. Di musim dingin kota Tromsø merupakan salah satu lokasi terbaik untuk mengamati Aurora Borealis (Northern Light) dan suhu disini bisa mencapai minus 44 derajat celcius. Per 1 Januari 2009 tercatat penduduk kota Tromsø berjumlah 66.513 jiwa dan sekitar 800 orang dari jumlah tersebut adalah umat muslim.

Dengan jumlah penduduk muslim yang terus bertambah, keberadaan masjid tidak hanya sebatas sebagai rumah ibadah, tapi juga pusat kegiatan dakwah keislaman di kota yang majoriti penduduknya adalah umat kristiani ini. ”Alnor Senter” Masjid yang berbentuk bangunan rumah ini kiranya menjadi jawaban akan kebutuhan ini.

Rumah Allah di Kota Tromso (Alnor Senter)



-Kyushu Island



20 Mac 2009 Haru dan bahagia bercampur dalam suasana solat jum`at pertama di mesjid pertama yang dibangun di pulau Kyushu, pulau selatan di bumi sakura. Jepang adalah negara dengan majoriti penduduknya sekitar 80% penganut Shinto atau Budha, walaupun pada kenyataannya mereka majoriti tidak peduli tentang agama dan hidup dalam materialistik. Sekitar 70.000 dari 120 juta penduduk Jepun adalah pemeluk Islam.

Pulau Kyushu adalah pulau ketiga terbesar di Jepun dengan Fukuoka sebagai pusat kota. Rasa syukur semakin besar ketika suara adzan diperbolehkan keluar masjid, padahal sebelumnya ditentang oleh penduduk setempat. Biarkan nama-Mu berkumandang indah, menembus relung-relung hati dan mengetuk untuk kembali kepada-Mu dalam hiruk pikuk materialisme Jepun.





-Hawaii



Apa yang terlintas di fikiran anda ketika mendengar nama Hawaii? pasti sebuah tempat liburan nan indah yang menawarkan eskotime indahnya pantai dan pengalaman liburan yang tidak terlupakan. Ditengah hiruk pikuk keindahan Hawaii, Islam di Hawaii pun tetap bisa menjalankan keimanan dan tetap beribadah dengan adanya Mano Mosque yang terletak di 1935 Aleo Place

Honolulu, HI 96822-1906, United States (808) 947-6263. Umat muslim di Hawaii berjumlah sekitar 3000 an,dan mereka tetap teguh menjalankan ibadahnya ditengah gemerlapnya kehidupan glamour yang selama ini kita dengar tentang Hawaii.




-Greenland



Greenland dalah sebuah pulau di Samudra Atlantik bahagian utara di arah timur laut Kanada. Penduduk asli Tanah Hijau adalah orang Inuit atau Eskimo. Sementara ada pula orang Denmark dan campuran antara orang Inuit dan Denmark yang disebut sebagai orang Tanah Hijau. Agama yang paling banyak dianut penduduknya adalah Kristen Protestan aliran Luther, sama seperti di Denmark. Tapi tahukah anda bahwa terdapat sebuah Masjid di Kota Nuuk yang bernama Mosque of Tawheed, yang terletak di Denmark street,

Nuuk, Greenland, Phone: 0039-3476693003, ditempat ini selan untuk beribadah kaum muslim,juga terdapat madrasah untuk orang yang ingin mempelajari Al-Quran

-Pergunungan Himalaya



Himalaya adalah sebuah barisan pergunungan di Asia, yang memisahkan anak benua India dari Dataran Tibet. Rumah Allah juga berdiri tegak disini tepatnya di Kota Ladakh. Ladakh, yang terletak di bahagian timur pemerintahan Jammu dan Kashmir adalah salah satu daerah tempat tinggal tertinggi di muka bumi. Inilah suatu negeri yang seakan-akan bumi dan langit bertemu (menurut Lady Henrietta Merrick, di dalam bukunya: In the World’s Attic (“Di Atap Langit Dunia”).



Suatu negeri yang berpadang pasir luas dan himpitan gunung-gunung batu yang gelap. Ibukota negeri itu Leh, terletak hanya beberapa kilometer saja dari Biara Hemis. Masjid Jami berdiri tegak di Kota Ladakh, walaupun suhu disini sangat dingin,tidak mengurangi minat kaum muslim disana untuk beribadah, selain di Ledakh,juga terdapat Mussola di Pegunungan Himalaya



-Puncak Dunia (Tibet)



Tibet adalah wilayah dari Republik Rakyat Cina, yang merupakan Daerah Otonomi Khusus RRC yang juga diberi nama oleh Cina Xizang, yang berada di pegunungan Himalaya yang sering dikatakan sebagai puncak dunia. majoriti penduduknya adalah beragama Buddha, dengan Lhasa sebagai ibu kotanya. Muslim Tibet, juga dikenal sebagai Kachee (Kache), merupakan minoriti kecil di Tibet.

Meskipun muslim, mereka diklasifikasikan sebagai orang Tibet, tidak seperti Muslim Hui, yang juga dikenal sebagai Kyangsha atau Gya Kachee (Cina Muslim). kerana populasi kecil mereka, Muslim Tibet yang tersebar di seluruh Tibet, banyak di antaranya dapat ditemukan di Lhasa dan Shigatse.




http://greenboc.blogspot.com/2010/12/bergambar-rumah-allah-di-lokasi.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...